Minggu, 18 November 2012

Cerita yang paling sering dipentaskan


                 Korban Bengawan Solo                                                                    

            Rm  suprapto telah hidup berumah tangga bersama istrinya ra sukesi dikaruniai seorang anak yang masih kecil di beri nama joko pitono.tapi rupa rupanya kebahagian rumah tangga ini,di khianati rm Suprapto.                  
        Dia selingkuh dengan gadis desa sampai memilik dua bayi tanpa ikatan perkawinan yang sah.Winangsih nama gadis desa itu,bahkan mereka berdua berani ambil sumpah di tepi bengawan solo.                       
        Rupanya hubungan ini di ketahui oleh raden ajeng Sukesi istri sah rm Suprapto.dengan sangat marah ra Sukesi meminta supaya rm Suprapto meninggalkan Winangsih.’’sekarang kamu pilih…….,aku atau Winangsih….????. rm Suprapto datang menemui Winangsih,untuk memutuskan perkawinan yang tidak sah ini.sambil menyerahkan uang,rm Suprapto pergi tanpa pamit.Prawoto kakak tertua winangsih tidak menerimakan atas kejadian ini,lalu megejar rm Suprapto.                                  
       Prawoto berdebat dengan rm Suprapto sambil menyerahkan uang yang tadi di berikan kepada Winangsih.rm suprapto marah Prawoto di pukul lalu di tinggal pergi.Prawoto sangat malu dengan kejadian ini,lalu dia memutuskan untuk merantau ke Sumatra.                                                    
      Winangsih sudah sangat malu dan terpukul hatinya,lalu dia pergi ke tepian bengawan solo.di letakkan kedua anaknya di atas tanah sambil menulis nama untuk kedua anaknya,yang satu Sriwulan dan yang satu Indrawati.Winangsih menangis memandang kedua anaknya,tak lama Winangsih hilang di telan derasnya arus bengawan solo.kedua bayi itu akhirnya di asuh orang yang kebetulan liwat pinggir bengawan.Sriwulan di asuh pak Widagdo saudagar kaya,sedangkan Indrawati di asuh seorang petani desa.         
      Setelah menginjak remaja Joko pitono jatuh cinta dengan Sriwulan,akhirnya dilamar dan tak lama tibalah hari perkawinan antara Joko pitono dan Sriwulan.di saat berlangsungnya pesta perkawinan,datang Prawoto menggagalkan perkawinan itu.lalu prawoto membuka semua rahasia masa lalu.’’para tamu undangan yang saya hormati,karena apa…..?? saya menggagalkan pernikahan ini…..karena antara Joko pitono dengan Sriwulan masih saudara.satu bapak tapi beda ibu…’’                     
      Akhirnya rm Suprapto merasa malu  dan langsung lari menuju tepi bengawan solo.diapun segera menyusul kematian winangsih.(Cak Nano pati;13-11-2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar